Bandwith Internet Di Indonesia Masih Kalah Jauh Sama Korea Selatan

Black In News. Saat ini internet merupakan hal yang sudah menjadi kebutuhan utama untuk sebagian besar orang. Kalau di kalangan akademisi pastinya wajib. Apalagi dengan merambahnya situs jejaring sosial facebook di Indonesia. Mulai dari anak – anak sampai nenek – nenek udah ada tuh yang punya akun facebook. Yah, terlepas dari hingar bingar dunia maya saat ini, saya mau menspesifikasikan perhatian tentang kecepatan koneksi yang ada di negara kita.

Siapapun bisa menikmati internet, tapi saya rasa tidak semua orang menikmatinya dengan kecepatan yang wajar alias lemot. Sangat jarang kita temukan fasilitas internet dengan kecepatan yang luar biasa. Yah, banyak seh operator – operator yang nawarin dengan kecepatan kilat, tapi buktinya tidak seperti yang ditawarkan. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi bro. Browsing aja kadang lemot kalo buka situs yang punya flash banyak, kaya’ situsnya Djarum atau Djarum ISL tuh. Padahal tampilannya kan keren dan bagus. Tapi untuk buka situs yang lainnya seh Alhamdulillah bagus, macam situsnya Autoblackthrough tuh Ha Ha Ha.

Kalau browsing aja lemot gimana dengan download dan upload? Wah untuk para pecinta film pasti susah yah kalau lagi ngebet mau nonton film. Jadi susah dapetin karena downloadnya harus berjam – jam. Bayangin aja, gue tuh maksmail make kecepatan 250 KB/s untuk download. Jadi biasanya download film yang berkapasitas 200 MB (biasalah naruto) tuh butuh waktu 1 – 2 Jam. Gimana kalau mau download movie yang kapasitasnya 1 DVD (4.7 Giga)? Butuh waktu berhari – hari kalee yah.

Yang disalahkan siapa donk? Apa warnet, penyedia internet atau pemerintah? Yang jelas kita tidak usah menyalahkan siapa – siapa. Ya emang dari sononya jatah Indonesia sedikit dibanding dengan negara – negara lainnya. 



Kecepatan Download
  1. 23.77 Mb/s Republik Korea 
  2. 16.99 Mb/s Jepang
  3. 15.91 Mb/s Aland Islands
  4. 15.82 Mb/s Latvia
  5. 14.52 Mb/s Romania
  6. 14.38 Mb/s Lithuania
  7. 14.30 Mb/s Swedia
  8. 13.64 Mb/s Belanda
  9. 13.29 Mb/s Bulgaria
  10. 12.88 Mb/s Andorra
  11. 1.29 Mb/s Indonesia (Urutan 134) 

Kecepatan Upload
  1. 9.29 Mb/s Lithuania
  2. 8.10 Mb/s Japan
  3. 6.26 Mb/s Latvia
  4. 6.12 Mb/s Bulgaria
  5. 7.4 Mb/s Aland Islands
  6. 5.57 Mb/s Hong Kong
  7. 5.42 Mb/s Romania
  8. 5.27 Mb/s Andorra
  9. 5.25 Mb/s Sweden
  10. 5.13 Mb/s Slovenia
  11. 0.40 Mb/s Indonesia (Urutan 122)
Republik Korea masih yang teratas tuh. Gila bener kecepatan segitu. Download film berkapasitas 1 DVD (4.7 GB) cuman butuh 3 menit lebih. Wah, kapan yah Indonesia bisa segitu kecepatannya? Tapi kita patut bangga loh, soalnya orang Jepang muji – muji orang Indonesia. Kok bisa? Mereka ngomong kaya’ gini “Di Indonesia internet nya lemot tapi mereka bisa mengakalinya supaya speednya bisa cepat, benar – benar kreatif”. Pernyataan ini gue dapat dari salah satu dosen ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) yang membawakan kuliah tamu di kampus saya, kebetulan dia lulusan Master dan P.hd di Jepang.

Internet bisa lemot, yang penting bangsa Indonesia sudah tidak gaptek lagi. Mudah – mudahan bisa menjadi Bangsa yang Modern dan Maju.

Share this Post:
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

One Response to “Bandwith Internet Di Indonesia Masih Kalah Jauh Sama Korea Selatan”

Saya melihat ke depan untuk membaca artikel besar berikutnya ... Nice artikel, terima kasih.

Leave a Reply:

Leave Your Comment Here And Do Not Forget Include Your Link