Industri Textile Indonesia Terbesar Di Dunia

Black In News – Untuk artikel yang satu ini saya sangat bersemangat nulisnya. Soalnya neh masalah pencitraan bro. Membuat saya bangga menjadi anak Indonesia. Nah kemaren kebetulan baca koran tuh, ternyata Nike brand sport terbesar di dunia tuh g punya pabrik sama sekali. Lah, kok bisa? Ya bisa lah. Mereka tuh hebat masalah marketing dan promosinya. Liburan puasa 2009 saya jalan – jalan ke bandung untuk cari – cari baju dan pabrik clothing. Aku ditemanin ma seorang Dosen UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Kan enak tuh ada kenalan. Jadi bisa menghemat biaya transportasi. Kan pak dosennya bawa mobil atuh.


Bareng ma pak dosen say diajak jalan – jalan ke tempat industri textile di bandung. Tepatnya di daerah kabupatennya. Neh bapak kan punya banyak jaringan luar negeri tuh, makanya ceritanya juga seru dan pengetahuannya tentang produk Indonesia yang dikirim ke luar negeri juga banyak.
Pada kenyataannya yang mungkin pada awalnya saya kurang percaya dengan kenyataannya. Ternyata baju seragam U.S Army itu made in Bandung euy! Aku she awalnya kurang percaya. Tapi, setelah aku diantar ke tempat produksinya (aku lupa nama tempatnya), baru aku percaya. Wah Indonesia ternyata pemasok seragam U.S Army. Bukan hanya seragam loh, tau helm Fyber anti peluru g’? Nah, helm yang diekspor ke Nigeria ini dan beberapa wilayah konfik lainnya ternyata made in Bandung juga! Malah yang buat neh helm bukan pabrikan loh, tapi cuman home industry. Keren kan.

Seragam U.S Army


Helm Fiber Anti Peluru

Nah ada lagi neh yang lucu. Ada teman saya yang ayahnya ke London, oleh –leh dari sana dibawain sepatu Nike SB. Harganya sampe’ $150 sepasang! Nah pas nyampe di Indonesia sepatunya ternyata made in Indonesia! Lebih spesifiknya she daerah tangerang. Nah untuk produksi sepatu Nike ini Indonesia saingan ma China.

 
Sepatu Nike SB (Skate Boarding)

Kuliah sambil cari duit juga seh. Yah kecil – kecilan lah. yang penting bisa berkreasi dan menyalurkan ide. Sampai saat ini saya sudah produksi lebih dari 1000 pcs baju dan jaket dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan sampai ke negara tetangga. kualitas bajunya sama donk kaya’ baju – baju jenis Volcom, QuickSilver, Billabong yang banyak didapat di Planet Surf. Wah promosi dikit g’ apa deh He He He. Baju – baju produksi PT. Djarum juga pasti made in Indonesia lah pastinya. Djarum Black Community t-shirt sampe’ Autoblackthrough tuh kan buat di indonesai juga. Indonesia emang kreativ! G’ salah kalau gue anggap Indonesia tuh pemasok textile terbesar di Dunia. Tapi itu nurut aku loh. Bangga deh jadi anak Indonesia. Bravo indonesia

Share this Post:
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

No Responses to “Industri Textile Indonesia Terbesar Di Dunia”

Leave a Reply:

Leave Your Comment Here And Do Not Forget Include Your Link