Skripsi Bukan Karya Mahasiswa

Black In News. Normalnya mahasiswa menempuh kuliah selama 4 tahun, tapi sebagian juga ada yang kurang dari 4 tahun dan ada juga yang lebih. Hal tersebut tidaklah menjadi permasalahan. Yang saya akan soroti disini adalah persoalan Tugas Akhir mahasiswa atau skripsi sebagai syarat Wajib Lulus dan Wisuda. Hal ini berdasarkan hail diskusi dari pengakuan dan pengalaman para senior saya yang sudah lebih dahulu wisuda dan mendapatkan gelar sarjananya.

Banyak orang beranggapan bahwa tugas akhir itu merupakan hasil karya dari mahasiswa itu sendiri. Tapi fakta membuktikan bahwa skripsi itu bukanlah murni karya mahasiswa. Lho kok bisa? Ya bisalah sobatku. Apakah yang termasuk dari bukan hasil karya murni itu dengan menyuruh orang lain membuatkan skripsi kemudian membayarnya? Itu hanya salah satu hal yang sudah umu diketahui dan tidak terlalu bermasalah menurut saya.

Baik orang yang otaknya pas – pasan ataupun yang paling pintar sekalipun, yang mengerjakan sendiri ataupun dengan bantuan orang lain semuanya sama! Trus skripsi itu karya siapa donk? Jawabannya adalah karya dosen pembimbing. Lo kok bisa? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
  • Menyetor naskah judul skripsi harus ada persetujuan dari Dosen pembimbing. Anda mengajukan judul A malah diusulkan dan disuruh ganti jadi judul B. Nah sekarang sobat Black Community bayangkan judulnya aja hasil usulan dari dosen pembimbing.
  • Ketika menyusun Bab I, II, III, IV, dan seterusnya juga terkadang ada yang namanya revisi kan? Skripsi yang semula anda sudah tulis dan susun dengan susah payah malah disuruh direvisi dan dibenarkan. Malah senior saya ada yang sampai revisi 3 kali dan hampir mengulang ujian meja hanya karena substansi dari isi skripsi tersebut.
  • Nah ketika menghadapi ujian meja. Biasanya ada 2 atau 4 dosen penguji tuh, nah kita kan ditemanin sama dosen pembimbing kita tuh. Tapi ketika menjawab pertanyaan dari Dosen Penguji, tak satupun dari dosen pembimbing yang membantu. Kan aneh dia yang menyalahkan judul, isi, dan menyuruh revisi, eh malah bungkam pada saat ujian. Sekan – akan apa yang disalahkan oleh dosen punguji itu adaqlah murni kesalahan kita.

Apakah sekarang anda masih yakin bahwa skripsi itu murni hasil karya mahasiswa? Intinya adalah bahwa skripsi itu merupakan hasil karya dosen yang dimanatkan kepada mahasiswa untuk membantu menyelesaikan skripsi tersebut. Solusinya apa donk? Nah kalau skripsi yang murni tuh mulai dari judul, isi, kesimpulan, penutup murni karya mahasiswa dan tidak ada campur tangan dari dosen. Dosen pembimbing hanya bertindak sebagai pengarah bukan yang memutuskan apakah skripsi itu harus diganti atau dirubah isinya.

Berkarya aja repot, gimana mau menciptakan sesuatu yang bermanfaaat. Black Innovation Awards merupakan wadah bagi mereka yang punya ide untuk disalurkan. Tidak ada revisi, perubahan, dan ujian. Cukup dengan menyalurkan apa yang ada di kepala anda saat ini. simel kan dan ga’ ribet? Apresiasi yang diberikan pun melebihi lembaga pendidikan di indonesia. Ini merupakan point of view yang harus menjadi perhatian khusus pemerintah indonesia. Semoga bermanfaat.

Share this Post:
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

No Responses to “Skripsi Bukan Karya Mahasiswa”

Leave a Reply:

Leave Your Comment Here And Do Not Forget Include Your Link